Analisis Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Kurniawati Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Abstract

Pergantian kurikulum di Indonesia memberikan penekanan yang kuat untuk membantu siswa agar lebih bermakna. Ketika memberikan materi, pendidik harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk menarik minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Model Pembelajaran Berbasis Proyek adalah pendekatan pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran bermakna karena mengajarkan siswa keterampilan pemecahan masalah dan memfasilitasi penerimaan materi melalui kegiatan kompleks di mana siswa menemukan konsep sendiri dan menerapkan prinsip-prinsip yang dipelajari ke produk dunia nyata di akhir kursus. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan di sekolah dasar. Metodologi kualitatif digunakan dalam penelitian ini yang bersifat studi kasus, dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek di fase A pada pembelajaran bahasa Indonesia. Temuan penelitian ini meliputi kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek, seperti identifikasi masalah (pertanyaan), perencanaan dan desain proyek, penjadwalan proyek, pelaksanaan dan pemantauan proyek, pengujian hasil, penilaian, dan refleksi. Guru menerapkan fase-fase pembelajaran berbasis proyek sesuai dengan sintaks pembelajaran berbasis proyek. Dapat disimpulkan bahwa guru mampu menerapkan pembelajaran berbasis proyek dengan baik.

Published

2024-07-28

Issue

Section

Artikel

Citation Check