Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar

Marlina Eliyanti Simbolon, Yayah Komariah

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan karakter siswa. Melihat banyaknya perundungan maupun penyimpangan yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pembentukan karakter siswa di gugus III Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan diterapkan melalui pembiasaan baik yang diterapkan guru, keteladanan guru, dan integritas dalam proses pembelajaran untuk mencerminkan terwujudnya karakter religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan peduli sosial. Adapun hambatan yang ditemukan yaitu kepribadian siswa yang berbeda, minimnya perhatian orang tua terhadap perkembangan siswa, serta pengaruh lingkungan tempat tinggal siswa.

Kata Kunci: Karakter siswa, Upaya guru, Perkembangan siswa, Sekolah dasar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abas, E. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Adhimah, Syifaul. (2020). Peran Orang Tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 9. No. 1.

Aeni, A. N (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa PGSD. Bandung: UPI PRESS.

Agung, Setiyawan. (2015). Pengintegrasian Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal pendidikan Islam. Vol. 9. No. 2.

Anjarwani, T. (2018). Upaya Guru Pendidikan agama islam dalam mengembangkan multiple intelegences siswa kelas VII di SMP Swasta Karya Bunda Kec. Percut Sei Tuan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Bafirman. (2016). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PENJASORKES. Jakarta: Kencana.

Chau-kiu Cheung dan Tak-yan Lee. (2010). Improving Social Competence Through Character Education. Evaluation and Program Planning. Vol. 33, Issu 2.

Chou Mei-Ju, Yang Chen-Hsin, Huang Pin-Chen. (2014). The beauty of character education on Preschool children’s parent-child relationship.

Devi, Novitasari. (2014). Upaya Guru dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan : Surakarta.

Dewi, W. A (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No 1.

Djama’an Satori dan Aan Komariah. (2017). Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Fauzi, A.R., Zaenuddin & Atok, R.A. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol. 2. No. 2.

Fitriah, & Lutfhiyah. (2017). Metode Penelitian. Sukabumi: CV Jejak.

Fuani Tikawati, M. (2016). Upaya Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MI Nurul Huda Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang: Semarang.

Hakim, A. (2017). Metode Penelitian kualitatif, Tindakan Kelas, dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir, H. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Jakarta: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Jannah, M. (2019). Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang diterapkan Di SDTQ-T An Najah. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 4.No. 1.

Juliansyah Noor. (2016). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Kholifah, S. N. (2017). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Kurikulum 2013. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 2. No. 1.

Komalasari, K. & Syarifudin, D. (2017). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Melinda, Vini. & Suwardi. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak dalam Pembelajaran di Sentra Seni. Jurnal AUDHI, Vol. 3. No. 2.

Muchson. (2017). Statistik Deskriptif. Depok: Spasi Pedia.

Mumpuni, A. (2018). Integritas Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Novriyansyah, A. Kurniah, N. & Suprapti, A. (2017). Studi Tentang Pengembangan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 2. No. 1.

Nuranti, Hanif, M., & Mustafida, F. (2019). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, Vol. 1. No. 3.

Nursalam, Nawir., M Sunardi, & Hasanah. (2020). Model Pendidikan Karakter. Serang: CV AA Rizky.

Pramasanti, R., Bramasta, D., & Subuh, A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung

jawab dan Kerja Sama dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Jurnal Papeda, Vol. 2. No.1.

Praramdana, G. K., & Nugraha, F. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Permainan Tradisional Ritual Adat Seren Taun. Banten: Arashi Grup.

Prasetio, P., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak Sador dan Bentengan Sebagai Permainan Tradisional dalam Pembelajaran PENJASORKES Berbasis Karakter pada Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan,Vol. 7. No. 1.

Prihati.(2018). Implementasi Kebijakan Promosi Pariwisata dalam Pembangunan Potensi Wisata Daerah. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.

Purba, R.A, dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Purnomo, B. H. (2011). Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengembangan Pendidikan, Vol. 8. No. 1.

Rachmayanti, S. I., & Gufron, M. (2019). Analisis Fakor yang Menghambat dalam Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa di SDN 02 Serut. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, Vol. 16. No. 2.

Rahmat, P.S. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika, Vol 6. No. 2.

Rahmi F, Nasri B, Rida R, dan Melini. (2015). Measuring Student Perceptions to Personal Characters Building in Education: An Indonesia Case in Implementing New Curiculum. Procedia - Sosial and Behavioral Sciences. Vol. 1. No.11.

Rasyid, F. Anugrah, D. Yuniarti, V. & Rusmani. (2020). Peta Ideologi Umat Islam Pada Sistem Demokrasi di Indonesia: Penelitian Pada Beberapa Pesantren di Pulau Jawa. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Rukhayati, S. (2019). Strategi Guru PAI dalam membina karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga. Salatiga: Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat IAIN Salatiga.

Sahide, M. A. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian sosial. Makasar: Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin.

Santika, W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesia Values and Character Education Journal, Vol.3. No.1.

Septian, & Kosasih. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1. No. 6.

Setiyawan, A. (2015). Pengintegrasian Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9. No. 2.

Siti Nur Kholifa. (2017). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Kurikulum 2013 Di SDN Sidomulyo Kota Batu. Malang.

Siyoto, S. & Sodik, M.A (2015).Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suprayitno, A, & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang tua, dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. 2.

Suryanti. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Yogyakarta: Bintang Pusataka Mandiri.

Syarifudin, A. S. (2015). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan MutuPendidikan sebagai Dampak diterapkannya Sosial Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 5. No. 1.

Syarif Sumantri, dkk. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, R. D. (2015). Membangun Karakter siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Pendidikan karakter di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 2. No. 1.

Wahyu Titis Kholifah. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan konseling, Vol. 2. No. 1.

Wuryandai, W., & dkk. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8156

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>