Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 14 Batu Basa

Safrizal Safrizal, Putri Ayu Prima Dewi, Nurjani Nurjani

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS Siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan. Permasalahan ini dipicu oleh pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan bosan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan melalui penerapan pembelajaran dengan model mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan sejumlah 16 orang siswa (4 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang difokuskan pada ranah kognitif. Data diperoleh dari hasil tes berupa ulangan harian pada setiap akhir siklus. Agar data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan maka analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa (ketuntasan klasikal sebesar 62,5%) dengan nilai rata-rata 73,75, mengalami kenaikan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang siswa (ketuntasan klasikal sebesar 87,5%) dengan nilai rata-rata 84,06.  Selisih peningkatan jumlah siswa yang tuntas atau ketuntatasan klasikal sebesar 25%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan.

Kata Kunci: Teknik Mind Mapping, Hasil Belajar IPS , Ketuntasan Klasikal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, T. A., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Efektivitas Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Wora Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 102–108. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.425

Annisa’, N., & Suhartini, R. (2022). Pemanfaatan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa SMK. E-Journal, 11(02), 25–39.

Ansa Zulfa, A., Husein Arifin, M., & Wahyuningsih, Y. (2021). (Studi Literatur) Penggunaan Model Mind Map Pada Pebelajaran Geografi Di Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal), 11(4), 362–368. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i4.29570

Ardalan, K. (2013). The Philosophical Foundation Of The Lecture Method Of Instruction And The Case Method Of Instruction: Implications For Examinations. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 6(1), 1. https://doi.org/10.19030/cier.v6i1.7599

Basyarudin. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Ice Breaker Humour di Kelas V SD Negeri 22 Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 274–284.

Gregorius, D., & Sulikah, N. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 2(3), 1–11.

Hary, H., & Firman, F. (2019). Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar ditinjau dari Kreatifitas. Researchgate, January, 1–10.

Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384

Marlina, M., & Widiyastuti, A. (2021). Meningkatkan Perkembangan Kognitif dengan Kegiatan Mind Mapping pada PAUD Anak Hebat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5244–5249. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1808

Murtiningsih, S. R., Dania, D. R., & Malik, S. M. (2022). A Closer Look on English Language Education Department Students ’ Contention of Using Mind Mapping Techniques. VELES: Voices of English Languange Education Society, 6(2), 429–439.

Nursyaida, N., & Hardiyanti, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 128 Turungan Beru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 71–76. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092

Polat, Ö., & Aksin Yavuz, E. (2022). The Mind Map: A Tool for Exploring Children’s and Teacher Trainees’ Conceptions of School, Friendship, and Play. International Journal of Progressive Education, 18(2), 34–48. https://doi.org/10.29329/ijpe.2022.431.3

Rahayu, A. P. (2021). Penggunaan Mind Mapping dari Perspektif Tony Buzan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma, 11(1), 65–80.

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna

Rofisian, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SD. El Midad: Jurnal PGMI, 12(2), 102–114. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i2.2540

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

Siswanto, H. W. (2011). Studi Efektivitas Pembelajaran Terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 153–165. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.14

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana, D., Yulia, R., & Safrizal, S. (2021). Model of Questioning Skill Teacher for Developing Critical Thinking Skill in Early Childhood Education in West Sumatra , Indonesia. 21(May), 101–114. https://doi.org/10.12738/jestp.20212.007

Suryani, E., & Aman, A. (2019). Efektivitas pembelajaran IPS melalui implementasi metode jigsaw ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.17376

Taseman, Mayari, A., Ummah, D. N., & Hasanah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran IPS Berbasis ICT Melalui TVRI Di Tengah Pandemi Covid-19. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i1.357

Wilujeng, K. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IIIB SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pancaran, 4(4), 113–124.

Yulianti, I. P., Hidayat, A. N., Nadiroh, U. S., Yulianti, S., Apriandi, A. E., & Siliwangi, I. (2022). Kajian Literatur Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Sains. Journal of Elementary Education, 05(01), 108–114.

Zuyyina Hasdillah Putri, Maria Ulfah, R. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran mind Mapping terhadap Hail Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(9), 2–3.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>