Implementasi Literasi Digital Era Abad 21 Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik MIS Soko Kota Pekalongan

Muhammad Maskur Musa

Sari


Abstrak. Indonesia pada Program for International Student Assessment (PISA) menempati urutan ke-57 dari 65 negara yang diteliti dalam hal kemampuan membaca. Tingkat membaca khususnya siswa bisa dikatakan sangat rendah. Rendahnya kemampuan membaca pada siswa maka pengetahuan yang dimiliki juga akan mengalami ketertinggalan. Rendahnya tingkat membaca di kalangan siswa ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintahan yang bersangkutan yaitu kementerian pendidikan dan kebudayaan. Di zaman sekarang perkembangan teknologi yang semakin maju dan pesat membuat segala kehidupan manusia membutuhkan sebuah teknologi yang berbasis digital. Perkembangan teknologi ini juga membuat kemudahan dalam mendapatkan segala informasi. Sehingga hal ini dimanfaatkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan di bidang pendidikan yaitu salah satunya gerakan literasi yang memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan mengenai implementasu literasi digital era abad 21 dalam membentuk karakter peserta didik MIS Soko Kota Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa literasi digital ini sudah diterapkan di MIS Soko Kota Pekalongan terutama dalam membentuk katrakter peserta didik. Apalagi 2 tahun kemarin seluruh dunia merebak penyakit yang bernama covid 19 semua aktivitas manusia menjadi berubah, salah satunya di pendidikan yang tadinya proses pembelajaran di MIS Soko Kota Pekalongan tatap muka menjadi pembelajaran daring. Hal ini menjadi sebab literasi digital diterapkan di MIS Soko Kota Pekalongan dalam membentuk karakter. Karakter yang dibentuk seperti kejujuran, kedisiplinan, kreatif dan berpikir kritis.

Kata kunci: Literasi Digital, Karakter, Peserta Didik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, S., & Wicaksono, J. W. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SDN 39 Kota Ternate. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 1–20. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17743

Annur, A. F., Rif, D., & Pekalongan, I. (2021). Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran Matematika secara Daring di Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA), 1(1), 475–491.

Dalil Rohman, A., Maskur Musa, M., Nahdia Falkhah, A., & Fadia Annur, A. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Peningkatan Keterampilan Siswa MI/SD diEra Abad 21. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 03(01), 48–58.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., & Octafianti, M. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnalbasicedu, 5(6), 5249–5257.

Jatisunda, D. S. N. dan M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123.

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2018). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa Sman 1 Bluluk Lamongan. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–11. https://core.ac.uk/download/pdf/229020759.pdf

Mulyo Teguh. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional, 18–26.

Musa, M. M., & Atqia, W. (2021). Inovasi Pembelajaran Cepat Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar berbasis Media Pembelajaran Interaktif Android. SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 16–38. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=lO1VEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA16&dq=kelebihan+game+edukasi&ots=bkv0aEgfTu&sig=AVwwwqU2RYDaXe3lLRJcKjz-KBM%0Ahttp://103.142.62.229/index.php/semai/article/download/395/137

Rokhmatin, U. (2021). Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam. In Universitas Muhammadiyah Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi COVID-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420

Ulfah, T. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 727–736. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/386




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7184

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>