Efektifitas Penggunaan Google Meeting Pada Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman IPA Siswa Kelas 4 SD

Diyan Marlina

Sari


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas google meeting pada pembelajaran daring terhadap pemahaman IPA siswa kelas 4 di SDN Krowe 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode True Experimental Design tipe Posttest-only control design. Sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini mengguunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis  data pada penelitian ini menggunakan statistik dengan tahap uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung  ≥  t tabel  (2.597 ≥2.048)maka Ho di tolak, artinya penggunaan google meeting efektif terhadap pemahaman IPA siswa kelas 4 di SDN Krowe 1.

Kata Kunci. Google Meeting, daring, Pemahaman IPA


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amilia Sholikh Hidayati, Eka Pramono Adi, H. P. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kela Iv Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50.

Aliwar. (2013). Pembelajaran Dalam Konsep Teknologi Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 19–30.

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-

dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Faizin, R. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Media Aplikasi Google Meet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Mts Negeri 02 Kota Blitar. Skripsi, 53(9), 8-24.

Firdaus, A. R., & Julianto. (2019). Studi Deskriptif Strategi Guru Dalam Mengajarkan Materi Ipa Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 3131–3140.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Ledy, I. S. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (Lsq) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ivb Sdn 90 Kendari (Vol. 4, Pp. 42–52).

Metaforis, M., Dunia, D., & Bola, S. (2019). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 8 No 2 , Oktober 2019 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 8 No 2 , Oktober 2019. 8(2), 95–102.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, L. (2020). Pembelajaran Lsq (Learning Stars With A Question) Era Pandemi Covid-19 Dengan Media Whatsapp. Senatik, 416–422.

Suryani, E., Rusilowati, A., & Wardono. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd Menggunakan Two-Tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal Of Primary Education, 5(1), 56–65.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 1(1), 52.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>