Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Materi Membandingkan Berat Benda pada Siswa Kelas II di SDN Turi 2

Yunita Dwi Tamara, Nurul Hidayah, Maulida Dedek Budi'ani, Yuniawatika Yuniawatika, Siti Mas'ula

Sari


Abstrak. Peserta didik harus menguasai materi matematika sebagai bentuk penataan nalar dan pengambilan keputusan dalam era persaingan yang semakin kompetitif pada saat ini. Oleh karena itu perlu adanya penerapan pembelajaran matematika yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran tematik muatan matematika materi membandingkan berat benda pada siswa kelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi secara langsung kegiatan pembelajaran matematika serta dokumentasi, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 12 siswa kelas II dan seorang guru kelas II di SD Negeri Turi 2. Data yang telah diperoleh dari wawancara dan observasi kemudian dianalisis sehingga diperoleh hasil dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan adalah saintifik yang terdapat diskusi, guru menggunakan perangkat pembelajaran berupa alat peraga sederhana yang sesuai dengan materi, dan kendala yang terjadi adalah keterbatasan media pembelajaran yang disediakan sekolah serta kemampuan beberapa siswa yang masih tertinggal jauh dibandingkan siswa yang lain.

Kata Kunci. pembelajaran matematika, kelas II sekolah dasar, materi berat benda.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Koneksi Matematik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Saldana, Miles, & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Suryadi, D. (2005). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Tidak Langsung Serta Pendekatan Gabungan Langsung dan Tidak Langsung dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SLTP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Susilana, R., & Heli I. (2014). Pendekatan saintifik dalam implementasi kurikulum 2013 berdasarkan kajian teori psikologi belajar. Edutech, 13(2), 183–195.

Wardani Ketut Sri Kusuma, Ni Luh Putu Nina Sri Warthini, Aisa Nikmah Rahmatih, Fitri Puji Astria, & Nurwahidah. (2020). Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 20. Progres Pendidikan, 1, 99–105.

Wijayanti, T. (2011). Pengembangan Student Workshet Berbahasa Inggris SMP Kelas VIII Pada Pembelajaran Aljabar Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Berbasis Kontruktivisme. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i2.6936

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>