Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Sitiung

Sumira Sumira, Suci Rahma Putri, Ayu Mustika Sari

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada muatan pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada muatan pelajaran Matematika materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Penelitian ini menggunakan Pre-experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 10 Sitiung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data diambil dengan memberikan pretest dan posttest berupa test tertulis yang berjumlah 4 butir soal uraian. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa taraf signifikasinya adalah 0,010 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga dapat dilihat pada rata-rata pretest dan posttest yaitu tedapat selisih sebesar -2.611 yang artinya pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis matematis siswa kelas IV SD Negeri 10 Sitiung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis matematis siswa kelas IV SD Negeri 10 Sitiung.

Kata Kunci: Efektivitas, Realistic Mathematics Education (RME), pemecahan masalah, matematis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isrok’atun, A. R. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

La Hewi, M. S. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.8484

Muncarno, N. A. (2018). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 103–114. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1356

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif; Kualitatif; dan R&D. ALFABETA CV.

Sulastri, F., Runisah, & Ismunandar, D. (2021). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 113–122. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1278

Suraji, Maimunah, S. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–136. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Yetri, O., Fauzan, A., Desyandri, Fitria4, Y., & Fahrudin5, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2000–2008. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.249




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5753

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>