Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa

Fitri Ayu Febrianti

Sari


Abstrak.  Krisis literasi sains menjadi masalah serius untuk pembelajaran abad 21. Dewasa ini, pembelajaran dituntut berbasis teknologi untuk meningkatkan mutu pembelajaran, salah satunya ialah membuat buku digital (digital book) berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan efektivitas digital book dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDS IT Darul Muta’alimin dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas 5 orang siswa dan uji coba luas pada kelas V A yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitiannya ialah: (1) hasil validasi oleh dua orang validator ahli terhadap digital book berbasis Flip PDF Professional mendapatkan skor rata-rata 4,7. (2) hasil keefektifan ditinjau dari tiga aspek, yakni pretest, posttest, dan N-Gain. Nilai hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata siswa yaitu 50 dan nilai posttest menunjukkan 87, serta memperoleh kriteria N-Gain 0,74 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, produk digital book berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan dapat dipergunakan dalam pembelajaran ekosistem di kelas V SD.

Kata kunci: Digital Book, Flip PDF Professional, Kemampuan Literasi Sains

 

Abstract. The crisis of scientific literacy is a serious problem for 21st century learning. Today, technology-based learning is required to improve the quality of learning, one of which is making digital books based on Flip PDF Professional. This study was conducted to determine the level of validity and effectiveness of digital books in an effort to improve students' scientific literacy skills in science subjects. This type of research is Research and Development (R&D) with a 4D research model. This research was carried out in 5th grade of SDS IT Darul Muta'alimin with research subjects in a limited trial of 5 students and an extensive trial in 5th A grade, totaling 20 students. The results of the research are: (1) the results of validation by two expert validators on a digital book based on Flip PDF Professional get an average score of 4.7. (2) the results of the effectiveness in terms of three aspects, namely pretest, posttest, and N-Gain. The value of the pretest results showed the average score of students was 50 and the posttest value showed 87, and obtained the N-Gain criteria of 0.74 in the high category. Thus, the digital book product based on Flip PDF Professional that was developed can be used in learning ecosystems in 5th grade.

Keywords: Digital Book, Flip PDF Professional, Scientific Literacy Skills


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, L., Widodo, W., & Purnomo, A. R. (2019). Penggunaan Interactive E-Book IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Energi dan Metabolisme Sel. E-Jurnal Pensa, 7(2), 268–273.

Aji, G. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Page Flip Profesional Pada Mata Pelajaran Pai Materi Adab Berakaian Kelas X Di Sman 1 Banjit Kabupaten Way Kanan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM Pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. BioEdu (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi), 10(2), 635–646.

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektivan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkam Hasil Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Penndidikan, 4(2), 57–77.

Atmawarni. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Inovatif di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial, 4(1), 20–27.

Elvina, D., & Dewi, I. P. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTeknikaL J, 8(3), 19–25.

Febryana, N. E., Septiana, N., & Rohmadi, M. (2020). Sikap Ilmiah dan Literasi Sains Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Nature of Science (NOS) Berbantuan E-Book Online Pada Materi Pewarisan Sifat Kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2020, 405–419.

Ghaliyah, F. B. S. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas XI. EJournal SNF, 4.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score.

Hernawan, H. (2021). Etika dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Hidayati, F., Sriyono, S., & Kurniawan, E. S. (2016). Diagnosis Kesalahan Siswa Kelas XI IPA dalam Menyelesaikan Soal Fisika Berdasarkan Literasi Sains di SMAN 5 Purworejo. Radiasi J. Berk. Pendidik. Fis., 8(1), 18–21.

Kurniawati, T. D., Akhdinirwanti, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi 3D PageFlip Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 32–41.

Makdis, N. (2020). Penggunaan e-Book Pada Era Digital. Al-Maktabah, 19(1), 77–84.

Mawwadah, W., Ahied, M., Hadi, W. P., & Retno, A. Y. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Research, 2(2), 174–185.

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment.

Rachmah, A., Rosha, J. M., & Vani, N. D. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D PageFlip Professional pada Materi Usaha dan Energi. Physics Education, July.

Roskos, K., & Brueck, J. (2009). The E-Book as a Learning: Object is an Online World. Taylor and Francis.

Rozy, A. F. Y. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3D Pageflip Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Di SMK Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Situmorang, R. P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32(1), 49–56.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (24th ed.). Penerbit Alfabeta.

Treacy, D. J., Collins, & Kosinki, M. S. (2011). Using the Writing and Revising of Journal Articles to Increase Science Literacy and Understanding in a Large Introductory. Biology Laboratory Course: Atlas Journal of Science Education, 1(2), 29–37.

Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas Penggunaan E-Book dengan Flip PDF Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Fisika (SNF), 124–129.

Wijaya, C. (2010). Pendidikan Remidial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.