EVALUASI KETERAMPILAN MENGAJAR MENGADAKAN VARIASI MAHASISWA PGSD SEMESTER VI PADA PEMBELAJARAN MIKRO

Prasita Puspita Sari

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan mengadakan variasi mengajar yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 kelas B tahun akademik 2021 dalam mata kuliah pembelajaran mikro. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut peneliti melaksanakan kegiatan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi serta menggunakan metode penelitian deskriptif. Tahap pertama yang dilakukan adalah perencanaan, dalam tahap perencanaan mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan mereka gunakan dalam pembelajaran mikro. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan, mahasiswa mengajar mengunakan RPP yang telah dibuat kepada kelas mikro. Tahap terakhir adalah evalasi, pada saat mahasiswa yang melaksanakan kegiatan mengajar, mahasiswa yang lain memberikan penilaiannya dengan angket. Berdasarkan hasil analisis data perolehan nilai rata-rata keterampilan mengadakan variasai mengajar yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 tahun akademik 2021 dalam mata kuliah pembelajaran mikro sebagai berikut keterampilan mengadakan variasi memperoleh nilai 61,12%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keterampilan yang dimiliki mahasiswa PGSD semester 6 termasuk pada kategori baik disetiap keterampilnya.

Kata Kunci: Keterampilan, Pembelajaran Mikro, Variasi

 

Abstract. This study aims to determine the ability of teaching variation skills possessed by PGSD students in the 6th semester of class B in the 2021 academic year in micro learning courses. To achieve the research objectives, the researcher carried out activities through three stages, namely the planning stage, implementation stage, and evaluation stage and used descriptive research methods. The first stage is planning, in the planning stage students make a Learning Implementation Plan (RPP) which they will use in micro learning. Next is the implementation stage, students teach using the lesson plans that have been made to the micro class. The last stage is evaluation, when students carry out teaching activities, other students provide their assessments with questionnaires. Based on the results of the data analysis, the average value of skills in conducting teaching variations owned by PGSD students in the 6th semester of the 2021 academic year in micro learning courses as follows: skills in conducting variations obtained a score of 61.12%. So, it can be concluded that the skills possessed by 6th semester PGSD students are included in the good category in each skill.

Keywords: Skills, Micro Learning, Variation


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Idrus, S. F., HR Mahmud., & Vitoria, L. (2017). Penerapan Keterampilan Mengadakan Variasi Stimulus pada Proses Mengajar Di Kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar Negeri Lampageu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2 (1), 228-235. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899

Aliffiani, H. S., Syafrina, A., & Husin, M. (2018). Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Variasi Stimulus Di SD Negeri 71 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3(2), 24-34. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.30-37

Ambarawati, M. (2020). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Micro Teaching. JURNAL PEDAGOGIA, 5(1), 81-90. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91

Barnawi & Arifin, M. (2016). Micro Teaching: Teori dan Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429- 435.

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Herdi., Abbas, M. F. F., & Destina Kasriyati, D. (2021). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Sistem Pengelolaan Microteaching dengan Siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan (PPEPP). Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1162

Khotimah, N. & Ngazizah, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Snake and Lad-Der Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Purworejo Tahun 2018/2019. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 79 - 85. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.65

Khuriyah. (2017). Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.22515/attarbawi.v2i2.990

Masnunah. (2019). Keterampilan Dosen dalam Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Memahami Puisi dan Menulis Puisi. Jurnal Wahana Didaktika, 17(2), 205-215. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2798

Ngazizah, N., Safitri, D., & Hadi, A. S. (2019). Evaluasi Keterampilan Mengajar Mahasiswa PGSD Semester VI Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal: URECOL (Univercity Research Colloquium) https://doi.org/10.18196/mht.2217

Pratiwi, C. P. & Ediyon, S. (2018). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4 (1), 1-8. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899

Rhamayanti, Y. (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasisiwa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Matematika. EKSAKTA Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Volume 3, 65-72. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.202-209

Russo, J. A., & Russo, T. (2019). Teacher Interest-Led Inquiry: Unlocking Teacher Passion to Enhance Student Learning Experiences in Primary Mathematics. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(3), 701-717. https://doi.org/10.29333/iejme/5843

Setiyaningsih, S. & Busyairi, A. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Setriani, L. (2017). Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2). https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.945

Sinaga, N. S., Siregar, R. A., Hatchi, I., & Armansyah, L. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dalam Mengaplikasikan Keterampilan Mengajar Mengadakan Variasi. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(1). https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1162

Sukirman, D. (2004). Konsep dan Aplikasi Micro Teaching. Bandung: Pusat Pelayanan dan Pengembangan Media pendidikan (P3MP) UPI.

Sundari, F. S. & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. PEDAGONAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i1.225

Susanti, A. & Janattaka, N. (2020). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(1). https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1516

Sutisnawati, A. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal MPD: Mimbar Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41378

Wahyulestari, R. D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>