Analisis Buku Tematik Kelas 1 SD/MI Muatan Matematika Tema 1 Diriku

Jannah Ulfah, Rizka Febriyani Awliyah, Auliya Fia, Nelsa Putri Ayu, Halimatun Nisa

Sari


Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Saat ini dalam dunia pendidikan kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum 2013. Buku yang digunakan dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah buku tematik. Buku tematik merupakan buku yang disediakan oleh pemerintah yang didalamnya memuat beberapa tema yang digunakan untuk mengaitkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami sebuah konsep. Salah satu materi yang ada dalam buku tematk kurikulum 2013 di kelas 1 sekolah dasar adalah materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi pembelajaran matematika pada tema 1 Diriku yang ada dalam buku Tematik Kurikulum 2013 Sekolah Dasar kelas 1. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian ini merupakan analisis isi (content analisis). Analisis isi ini digunakan untuk menganalisis materi matematika yang ada pada buku Tematik Kurikulum 2013 kelas 1 Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi matematika yang  diajarkan di kelas 1 sekolah dasar pada buku tematik tema 1 Diriku mengenai bilangan masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki.

Kata Kunci: Analisis, Buku Tematik, Materi Matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elly, Rosma. 2017. Persepsi Guru Terhadap Materi Matematika Di Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, V, VI Pada Kurikulum 2013 Di Gugus Delima Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendididikan Guru Sekolah Dasar 2(8).

Hasanah, Sri Indriati, Ainur Rofiq Hafsi, & Moh Zayyadi. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Membangun Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 10(2), 21.

Kurniawan, Ikhsan, Toufan Diansyah Tambunan, & Indra Lukmana Sardi. N.D. 2015. Game Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android Menggunakan Construct 2. 7(1).

Ningrum, Dwi Setia, & Leonard Leonard. 2015. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 1. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa 4(3).

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, Nusa. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rukiah, N.D. 2018. Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Permainan Kartu Di Kelas II SDN Habau Tahun Pelajaran 2016/2017 12(1).

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitadif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, Nawang, & Tyas Deviana. N.D. 2019. Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD Di Kota Malang, 9(1).

Wahyuni, Hermin Tri, Punaji Setyosari, & Dedi Kuswandi. N.D. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.3563

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>