Bentuk Dan Makna Inferensi Pada Tuturan Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Weru Cirebon

Khalimi Romansyah

Sari


Abstrak. Tujuan penelitian ini  menjelaskan bentuk dan makna inferensi pada tuturan bahasa Indonesia siswa sekolah dasar di Kecamatan Weru Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya yaitu dokumen, peristiwa tutur, dan informan. Teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen, wawancara, dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teori. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari sepuluh peristiwa tutur ( terdiri atas lima puluh dua tuturan ) yang diamati, seluruhnya mengandung unsur inferensi. Bentuk inferensinya meliputi prinsip analogi  penafsiran lokal sebanyak lima tuturan dan  prinsip analogi penafsiran umum sebanyak enam tuturan. Adapun  makna  inferensinya meliputi : menyampaikan ajakan, menolak ajakan, memperingatkan sesuatu, mengumumkan sesuatu, menyampaikan keinginan, memberitahu sesuatu, mengingatkan sesuatu, menyuruh, dan mengharapkan sesuatu.

Kata kunci: Kecamatan Weru Cirebon, Bentuk dan Makna Inferensi, Tuturan, Siswa SD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfia, A.M., Rohmadi, M. dan Purwadi. (2014). Pelanggaran Prinsip Kesantunan dan Implikatur Percakapan dalam Acara PAS Mantab Di TRANS 7. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya 2(3). 1-18.

Alwi, H. dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Andryanto, S. F., Andayani, dan Rohmadi, M. (2014). Analisis Praanggapan pada Percakapan Tayangan Sketsa Di TRANS TV. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya 2(3), 1-16.

Chaer, A. dan Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, T. F. (1989) Semantik II (Pemahaman Ilmu Makna). Bandung: Fak. Sastra, Universitas Padjajaran.

Djajasudarma, T. F. (2016). Wacana. Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama.

Handayani, C., Sumarwati, dan Suhita, R. (2014). Implikatur Percakapan dalam Acara Talk show Mata Najwa Di Metro TV. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya 2(3), 1-14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Sumarsono. (2013). Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA.

Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yule, G. (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.3542

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>