Pengembangan Media KOPER FK (Kotak Persoalan FPB dan KPK) Pada Materi FPB dan KPK untuk Siswa Kelas IV SDN Bendan Ngisor Semarang

Prasetyo Kuncoro

Sari


Penelitian ini diawali dari sebagian besar siswa yang kesulitan dalam memahami materi FPB dan KPK pada mata pelajaran Matematika. Permasalahan tersebut menjadi pertimbangan bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan media pembelajaran KOPER FK (Kotak Persoalan FPB dan KPK) dan mengetahui kualitas media pembelajaran KOPER FK (Kotak Persoalan FPB dan KPK). Penelitian ini dilakukan kepada sekelompok siswa kelas V di SD Bendan Ngisor Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari tahapan Sugiyono serta Borg and Gall yang kemudian dimodifikasai antara lain  potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk,  revisi desain, revisi produk. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe pembelajaran Matematika mengenai materi FPB dan KPK. Media pembelajaran KOPER FK (Kotak Persoalan FPB dan KPK) memiliki kualitas sangat baik dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli IPA dan Montessori. Perolehan skor rerata sebesar 3,85. Uji coba terbatas menunjukian terdapat peningkatan nilai yang diperoleh siswa. Selisih nilai posttest dengan pretest sebesar 40. Dengan demikian, dapat dosimpulkan bahwa media pembelajaran KOPER FK (Kotak Persoalan FPB dan KPK) memiliki kualitas yang sangat baik dan membantu siswa memahami materi FPB dan KPK.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kustandi, Cecep. Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Indriana, Dina 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Karso. 2007 Tujuan Pendidikan Matematika di SD. https://eprints.uny.ac.id/9708/2/BAB%202%20-%2008108241126.pdf (diakses 26 Desember 2019).

Kustandi, Cecep. Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Maryani, Ika. 2015. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktek). Yogykarta: CV. Budi Utama

Roesminingsih, MV dan Hadi Susarno. 2013. Teori dan Praktik Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Indeks

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilana, dan Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV. wacana Prima




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3064

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>