Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Globalisasi Menggunakan Pendekatan Inkuiri
DOI:
https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.2897Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran globalisasi menggunakan pendekatan inkuiri. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Pegajahan 1 sebanayak 39 siswa. Teknik penarikan data menggunakan teknik tes dan teknis non tes. Hasil Penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran globalisasi menggunakan pendekatan inkuiri meningkat pada setiap siklusnya, dapat dilihat pada pra siklus nilai rata – rata siswa sebesar 58,97 dengan persentase ketuntasan klasikal 41,03%, sedangkan pada siklus I nilai rata – rata naik menjadi 60,13 dengan persentase ketuntasan 43,09% dan pada siklus II nilai rata – rata naik menjadi 85,51 dengan persentase 94,87%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuri, PKn
References
Abimanyu, S. (2008). Strategi Pembeajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. (2006). Standar isi dan standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar SD/MI. Jakarta: BP. Cipta Jaya.
Djauhar, S. M. (2008). Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Narbuko, C., & Ahmadi, A. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwanti, E. (2008). Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Wibawa, B., & Mukti, F. (2011). Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.