Pengaruh Model Pembelajaran Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33603/cjiipd.v2i2.2244Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada materi bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini berupa Quasi Experimental Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV A dan kelas IV B SDN Cikole Kota Sukabumi. Pengumpulan data yang dilakukan berupa metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Pembelajaran pada kelas eksperimen dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran VAK sedangkan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, baik pada kelas eskperimen maupun kelas kontrol dengan materi yang sama, yaitu bangun datar. Hasil perhitungan awal menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Adapun hasil perhitungan akhir menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata hasil akhir kelas eksperimen sebesar 78,95 sedangkan kelas kontrol sebesar 54,74. Adapun hasil pengujian dari Uji T Dua Sampel Independen menunjukkan nilai sig. = 0,000. Nilai sig. lebih kecil dari taraf signifikansi uji, yaitu 0,05. Artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VAK berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas IV SD pada materi bangun datar.
Kata Kunci. Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran VAK, Bangun Datar
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.