PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI PUPUK KANDANG DAN KONSENTRASI EM4 (Effective microorganisms) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Mohamad Sofyan Nurhuda, Dukat Dukat, Tety Suciaty

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kombinasi pemberian berbagai pupuk kandang dan konsentrasi EM4 (Effective microorganisms) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Serta untuk mengetahui hubungan antara komponen pertumbuhan dengan komponen hasil tanaman bawang merah. Penelitian dilaksanakan di Desa Playangan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember sampai dengan bulan Februari 2019. Lokasi terletak pada ketinggian 2 m di atas permukaan laut (dpl), jenis tanah liat tipe curah hujan di daerah penelitian termasuk dalam tipe curah hujan Agak Kering (E). Penelitian ini mengunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Percobaan ini terdiri dari 12 kombinasi perlakuan berbagai pupuk kandang dan konsentrasi EM4, yang masing-masing diulang tiga kali, sehingga terdapat 36 petak percobaan. Kombinasi perlakuan yang diuji di lapangan adalah : A (pupuk kandang sapi 10 t/ha dan konsentrasi EM4 0 ml/l), B (pupuk kandang sapi 10 t/ha dan konsentrasi EM4 3,5 ml/l), C (pupuk kandang sapi 10 t/ha dan konsentrasi EM4 7,0 ml/l), D (pupuk kandang sapi 10 t/ha dan konsentrasi EM4 10,5 ml/l), E (pupuk kandang kambing 10 t/ha dan konsentrasi EM4 0 ml/l), F (pupuk kandang kambing 10 t/ha dan konsentrasi EM4 3,5 ml/l), G (pupuk kandang kambing 10 t/ha dan konsentrasi EM4 7,0 ml/l), H (pupuk kandang kambing 10 t/ha dan konsentrasi EM4 10,5 ml/l), I (pupuk kandang ayam 10 t/ha dan konsentrasi EM4 0 ml/l), J (pupuk kandang ayam 10 t/ha dan konsentrasi EM4 3,5 ml/l), K (pupuk kandang ayam 10 t/ha dan konsentrasi EM4 7,0 ml/l), L (pupuk kandang ayam 10 t/ha dan konsentrasi EM4 10,5 ml/l). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang nyata dari perlakuan berbagai pupuk kandang dan konsentrasi EM4 terhadap jumlah anakan 14 hst, 21 hst 28 hst dan 35 hst, bobot basah umbi per rumpun dan per petak, bobot kering umbi per rumpun dan per petak. Serta tidak ada korelasi antara komponen pertumbuhan dan hasil.


Kata Kunci


Bawang Merah; EM4; Pupuk Kandang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Jendral Hortikultura. 2016. Statistik Produksi Hortikultura Tahun 2015. Direktorat Jendral Hortikultura. Jakarta

Dwidjoseputro. 1998. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Estu, Rahayu, dan Berlian VA, Nur. 2004. Bawang Merah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Gardner. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. UI Press: Jakarta

Higa, T. & J.F. Parr. 1997. Effective Microorganism (EM-4) Untuk Pertanian Dan Lingkungan yang Berkelanjutan. Indonesian Kyusei Nature Farming Societies, Jakarta.

Hilman, Y dan Suwandi. 1990. Pengaruh penggunaan pupuk nitrogen dan fosfat pada bawang merah Kerjasama Balai Peneletian Hortikultura Dengan Petrokimia Gresik.

Napitupulu, D dan L. Winarto. 2010. Pengaruh Pemberian Pupuk N dan K Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara, J- Hort.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. 2015. Outlook Komoditas Pertanian Subsektor Hortikultura Bawang Merah. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian. Jakarta.

Samekto. R. 2006. Pupuk Kandang. PT. Citra Aji Parama. Yogyakarta.

Setyowati, S.H. Dan R.B Hastati. 2010. Pengaruh Pemberian Konsentrasi Pupuk Organik Cair Terhadap Produksi Bawang Merah (Allium ascolanicuml.) Laboratorium Biologi Dan Struktur Fungsi Tumbuhan Fmipa Undip, BIOMA, 12: 44-48

Sumarni dan Hidayat. 2005. Panduan Teknis PTT Bawang Merah No.3. Balai Penelitian Sayuran IPB. http://agroindonesia.co.id

Sutanto, R. 2002. Pertanian Organik Menuju Pertanian Alternatif dan Berkelanjutan. Kansius, Jogjakarta.

Sutedjo, M. M., 2008. Pengantar Ilmu Tanah, Bina Aksara, Jakarta.

Winarso, S. 2005. Kesuburan Tanah Dasar Kesehatan Dan Kualitas Tanah. Gava Media. Jogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/agroswagati.v9i1.4885

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##